Music Tutorial (Part-3- Ukuran Interval)

TEORI MUSIK

bagian 3 (Ukuran Interval)

II.3 Ukuran Interval

Interval adalah jarak / selang antara dua buah nada [2,4]. Ada banyak ukuran interval yang dapat dibuat untuk membuat tangga nada. Dalam subbab sebelumnya interval yang dipakai (dalam satuan semiton) untuk membentuk tangga nada mayor adalah : 2-2-1-2-2-2-1, [2]. Tangga nada tidak hanya tangga nada mayor. Ada banyak jenis tangga nada yang lain. Dan itu semua dibuat berdasarkan aturan terhadap interval.

Ukuran interval yang bervariasi akan memberikan tidak hanya suara terdengar yang berbeda tapi juga memberi kesan ‘rasa’ yang juga berbeda. Untuk ukuran interval tertentu campuran nada dapat ‘dirasakan’ begitu ‘pas’ atau cocok (consonant). Tetapi campuran nada yang lain bisa saja kedengarannya rada kurang ‘enak’ atau kurang cocok (dissonant). Kombinasi consonant dan dissonant sangat diperlukan dalam musik. Musik yang hanya berisiconsonant akan terdengar lembut dan lunak. Pemberian dissonant membuat ada ‘tekstur’ dalam musik.

Berikut ini diberikan tabel mengenai ukuran interval (dalam semiton) dan namanya serta penjelasan singkat.
Untuk kemudahan dalam istilah, maka bagian ini ditulis dalam bahasa Inggris.

Tabel 2 Nama dan ukuran interval

tabel 11

Nama dan ukuran interval di atas sangat penting, khususnya ketika membuat sebuah chord4. Ada banyak jenis chord, dan masing-masing dibuat berdasarkan formula yang unik dari pengkombinasian interval nada. Tiap interval diukur dari nada awal (dikenal sebagai nada dasar) dari tipe chord yang akan disusun. Misalkan ingin membuat chord D, maka nada D dihitung sebagai nada awal (dasar) dalam perhitungan interval.

°chord dibuat dengan mengkombinasikan interval yang ada dan memainkan tiga atau lebih nada secara serentak Interval dari tipe chord yang disusun dari nada dasar dikenal sebagai tingkat (degree).
Penamaan tingkat ini mirip dengan nama inteval, hanya tingkat ini lebih sering dipakai karena penulisannya yang singkat.
Berikut ini akan diberikan daftar penamaan tingkat dan ekivalennya dengan interval dan ukuran interval (dalam satuan semiton). Untuk tetap jelas, ditulis dalam bahasa Inggris.

Tabel 3 Penamaan tingkat

tabel 12

Sangatlah penting mengingat tingkat ini, karena sangat berkaitan dalam penyusunan sebuah chord. Misalkan saja, untuk membuat chord mayor diperlukan nada dari tingkat 1, 3, dan 5. Maka jika ingin menyusun chord C mayor, nada yang dimainkan adalah nada C, E, dan G (tingkat 1, 3, dan 5 dari tangga nada C mayor). Kefasihan menyusun tangga nada sangat diperlukan dalam tahap ini.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 responses to “Music Tutorial (Part-3- Ukuran Interval)

  1. tolong tambahin Nama dan ukuran intervalnya dong sampe 21 coz di tabel penaaman tingkat intervalnya sampe thirteenth dan intervalnya sampe 21

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s